Jumat, 11 Mei 2012

Jenis-jenis kamera

By. ANANG RAMADHAN PW, S.Kom

Pendahuluan
Sebelum mempelajari fotografi, hal paling penting adalah harus mengatahui tentang kamera dan memiliki kamera apapun jenisnya.

Kamera Saku (pocket)


Faktor membuat kamera saku terbatas
ž  Shutter lag, didefinisikan sebagai waktu jeda antara saat anda memencet tombol shutter dan kamera mulai merekam. Merupakan alasan terbesar kenapa kamera saku sangat terbatas. Jeda waktu ini mungkin hanya setengah detik, namun dalam setengah detik inilah akan ada kejadian penting-keren-lucu-spektakuler yang justru tidak terekam menjadi foto.
ž  Payah dalam kondisi minim cahayakamera saku memiliki sensor (chip kecil peka cahaya  berbentuk segi empat yang menggantikan fungsi film) yang sangat kecil. Secara umum, makin kecil sensor sebuah kamera makin jelek kualitas foto-nya. Sensor yang kecil berarti hanya sedikit cahaya yang terekam, kualitas warna yang pas-pasan dan lemah ketika berhadapan dengan kondisi remang-remang. Apa saja konsekuensinya? pertama adalah foto cenderung mudah blur (tidak tajam) dan kedua foto cenderung memiliki banyak noise (bintik-bintik diseluruh area foto).
ž  Zoom terbatas, memiliki kamera saku berarti anda sudah terikat hidup mati dengan lensa bawaan. Kita tidak bisa mengganti lensa sesuai kebutuhan. Kamera saku dari pabriknya diset untuk memiliki lensa yang bisa digunakan untuk kebutuhan umum dan bisa melakukan perbesaran 3 sampai 4 kali.
Kelebihan kamera saku
ž  is beautiful, dengan ukuran yang kecil kita mudah membawanya kemanapun kita pergi sehingga makin banyak hal yang bisa kita abadikan.
ž  Harga terjangkau, kamera saku adalah jenis kamera yang paling bersahabat.
ž  Lebih banyak orang tidak ingin tampak seperti wartawan foto. Semakin besar kamera tentengan anda, makin tampang anda mirip wartawan foto.


Kamera super zoom
Kelebihan kemera superzoom
ž  Kamera super zoom memiliki ukuran fisik lebih besar dibanding kamera saku, dan sesuai namanya memiliki kemampuan zoom optik sampai sejauh 15 kali atau bahkan sampai 20 kali.
ž  Memiliki lubang intip kecil yang pas untuk mata anda (eyepiece viewfinder). Lubang intip ini sangat berguna jika anda memotret ditangah teriknya siang hari (kamera saku hanya memiliki layar LCD dibelakang yang sama sekali tidak berguna jika anda  berada di area terang benderang).
ž  kamera super zoom juga biasanya memiliki layar LCD yang bisa ditekuk – tekuk sehingga membantu anda memotret dari sudut yang tidak biasa.
Kekurangan kamera superzoom
ž  secara teknis kamera ini masih memiliki sensor yang relatif kecil sehingga kemampuannya dalam kondisi minim cahaya masih terbatas.
ž  Untuk memotret outdoor masih sangat oke hasilnya, namun begitu anda bawa masuk ke ruangan anda akan mulai kepayahan mendapatkan foto yang tajam dan bagus.
ž  Secara ukuran, kamera super zoom juga lumayan tanggung. Tidak akan pernah muat di kantong sehingga kita harus membawanya di pundak.


Kamera slr (single lens reflex)

SLR adalah kependekan dari single lens reflex, sebuah istilah yang memang lumayan kompleks dijelaskan. Tapi pada prinsipnya adalah jenis kamera dimana kita mengintip obyek foto melalui lensa (jargon fotografinya: through the lens).

Kelebihan
ž  Kualitas foto hasil kamera SLR sangat baik.
ž  Tidak ada lagi shutter lag yang mampu merekam 3 foto dalam 1 detik.
ž  Memberi kepuasan kontrol manual untuk hampir semua parameter pemotretan.
ž  Bisa dipakai memotret ribuan foto tanpa kehabisan baterai.
ž  Memiliki bunyi khas, terasa kokoh dan tangguh saat dipegang
Kekurangan
ž  Kamera  besar tidak akan muat disaku
ž  Harga lumayan mahal

Sekian Terima kasih . Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar