Kamis, 16 Mei 2013

MACAM - MACAM JENIS PHOTOGRAPHY


Dalam kamus bahasa Indonesia pengertian fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Pendek kata, penjabaran dari fotografi itu tak lain berarti "menulis atau melukis dengan cahaya".

Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa). 
Pada umumnya semua hasil karya fotografi dikerjakan dengan kamera, dan kebanyakan kamera memiliki cara kerja yang sama dengan cara kerja mata manusia. Seperti halnya mata, kamera memiliki lensa, dan mengambil pantulan cahaya terhadap suatu objek dan menjadi sebuah image. Tetapi, sebuah kamera dapat merekam sebuah image kedalam sebuah film dan hasilny tidak hanya bisa dibuat permanen tetapi dapat pula diperbanyak, dan diperlihatkan kepada orang lain. Sedangkan mata, hanya dapat merekam image kedalam memori otak dan tidak bisa dilihat secara langsung kepada orang lain.

Ada juga yang bilang Perinsip kerja dari photography dan kamera itu di ibaratkan seperti keran air. Kenapa keran air ? karena semakin keran di buka maka makin bnyak air yang keluar begitu juga kamera semakin kita buka lensa tersebut maka makin banyak cahaya yang akan keluar. Dalam seni photogrhpy banyak jenis jenisnya dianantaranya yaitu :


Landscape Photography

LANDSCAPE PHOTOGRAPHY

Landscape fotografi adalah genre dimaksudkan untuk menunjukkan ruang yang berbeda dalam dunia, kadang-kadang luas dan tanpa akhir, tapi kali lain mikroskopis.Gaya populer fotografi dipraktekkan oleh para profesional dan amatir. Foto biasanya menangkap kehadiran alam dan sering bebas dari penghalang buatan manusia.Pemandangan fotografer biasanya berusaha untuk menyampaikan penghargaan dunia.

Macro Photography
Macro Photography
Fotografi makro adalah fotografi close-up. Definisi klasik adalah bahwa gambar yang diproyeksikan pada "film pesawat" (yaitu, film atau sensor digital) dekat dengan ukuran yang sama sebagai subyek. Lensa dirancang untuk makro biasanya di paling tajam mereka di jarak fokus makro dan tidak cukup sebagai tajam pada jarak fokus yang lain.




Street Photography
fotografi Street adalah jenis fotografi dokumenter yang fitur subjek dalam situasi jujur dalam tempat-tempat umum seperti jalan, taman, pantai, mall, konvensi politik dan pengaturan lainnya.

Street Photography


Portrait Photography
Portrait Photography
Potret fotografi atau potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuannya adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam posisi masih. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.







Journalism Photography
Journalism Photography
Photojournalism adalah bentuk khusus dari jurnalisme (mengumpulkan, mengedit, dan menyajikan bahan berita untuk diterbitkan atau disiarkan) yang menciptakan gambar agar dapat menceritakan sebuah kisah berita. Sekarang biasanya dipahami untuk merujuk hanya untuk gambar diam, tetapi dalam beberapa kasus istilah ini juga merujuk ke video yang digunakan dalam jurnalisme penyiaran.



Fashion Photography
Fashion Photography
Photografi Fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri dimana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

“ kamera hanyalah sebuah alat untuk menghasilkan sebuah karya seni .Nilai lebih dari sebuah karya seni tersebut tergantung dari orang yang mengoprasikan kamera tersebut.”


sumber : http://ilmuady.blogspot.com/2012/04/macam-macam-jenis-photography.html

0 komentar:

Posting Komentar